usaha daur ulang plastik

Usaha Daur Ulang Plastik yang Bermanfaat dan Menguntungkan

Usaha daur ulang plastik merupakan salah satu usaha yang sangat bermanfaat. Plastik merupakan bahan non-biodegradable yang cukup berbahaya untuk lingkungan sekitar kita. Berarti plastik tidak bisa terurai secara alami, lain seperti zat biodegradable yang bisa terurai secara alami.

Miliaran sampah plastik sudah mengelilingi bumi yang menjadi tempat tinggal kita. Hampir semua barang yang sering kita gunakan di kehidupan sehari-hari terbuat dari plastik. Contohnya yaitu botol plastik, ember, wadah, dan berbagai macam barang lainnya.

Pemanfaatan bahan plastik memanglah sangat penting. Selain untuk membantu mengurangi sampah plastik yang tidak bisa terurai dengan sendirinya, banyaknya bahan plastik bisa memberikan kita sebuah peluang usaha yang menguntungkan.

Salah satu peluang usaha dari sampah plastik ini yaitu usaha daur ulang sampah plastik.

 

Usaha Daur Ulang Sampah Plastik

usaha daur ulang plastik

Untuk melakukan usaha daur ulang sampah plastik pastinya kamu harus mengetahui terlebih dahulu cara mendaur ulang plastik. Berikut ini cara mendaur ulang plastik di pabrik daur ulang plastik dengan skala kecil.

1. Daur Ulang, Gunakan Kembali, dan Kurangi

Cara paling baik guna mengurangi sampah plastik yaitu dengan cara mendaur ulang dan menggunakannya kembali. Banyak orang yang membuat pabrik daur ulang sampah plastik saat ini. Pabrik tersebut memanfaatkan sampah plastik untuk diolah kembali atau didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat.

2. Rencana Usaha Daur Ulang Sampah Plastik

Berikut ini beberapa tujuan yang harus kamu perhatikan sebelum memulai usaha daur ulang sampah plastik.

  • Apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk usaha daur ulang sampah plastik?
  • Berapa total investasi yang dibutuhkan untuk membangun pabrik daur ulang?
  • Lokasi dan kebutuhan lahan untuk pabrik
  • Kebutuhan utilitas dan juga mesin
  • Pengumpulan sampah plastik
  • Jenis sampah plastik yang akan didaur ulang
  • Pasar kamu setelah daur ulang
  • Margin keuntungan dalam daur ulang plastik
  • Pengembalian investasi

3. Syarat Membuka Pabrik Daur Ulang Sampah Plastik

Hal pertama yang kamu butuhkan untuk membuka pabrik daur ulang kamu yaitu tempat yang layak. Minimal harus ada ruang yang cukup dan layak untuk kamu menyimpan semua limbah dan produk dari limbah selain dari peralatan dan juga utilitas.

Hal kedua yang kamu butuhkan yaitu ruang tertutup. Minimal dengan ukuran sekitar 200 kaki persegi, tidak harus ruangan yang terlalu luas.

Persyaratan penting yang harus kamu penuhi selanjutnya yaitu mesin yang akan kamu pakai untuk mendaur ulang sampah plastik kamu dan juga sampah plastik yang harus didaur ulang. Kamu bisa membuat jaringan pemasok sampah plastik.

4. Kebutuhan Lahan Pabrik

Untuk mendaur ulang sampah plastik skala kecil diperlukan ruangan dengan luas 50 kaki persegi. Namun apabila kamu ingin mendaur ulang sampah plastik dengan skala yang besar, perlu lahan minimal 200 sampai 500 kaki persegi untuk proses daur ulang.

Kamu harus mempunyai ruangan yang tertutup dan juga bersih untuk menyimpan mesin kamu. Semua ruangan tertutup itu harus mempunyai ventilasi.

5. Persyaratan Utilitas

Hal paling penting yang kamu butuhkan yaitu koneksi listrik yang tepat. Kamu perlu mengambil koneksi yang dibutuhkan menurut kebutuhan daya.

Hal penting yang lain yaitu pasokan air yang pas. Untuk kasus darurat kamu harus memiliki simpanan generator yang pas. Utilitas lain termasuk suku cadang yang berkaitan dengan daur ulang, mesin, furniture, daur ulang, kompresor, dan yang beberapa suku cadang lainnya.

6. Mesin untuk Daur Ulang Sampah Plastik

Kamu harus membeli mesin yang dibutuhkan untuk mendaur ulang sampah plastik kamu. Plastik dikompres terlebih dulu lalu dileburkan dengan menggunakan mesin. setelah itu dibentuk menjadi bagian kecil dan didinginkan menggunakan air dingin.

Mesin untuk mendaur ulang mempunyai berbagai jenis. Beberapa mesin sudah mempunyai semuanya dalam satu fitur namun ada beberapa yang hanya sebagian. Mesin ini juga mengandalkan pada jenis plastik yang kamu daur ulang dan di skala apa kamu mendaur ulang

Contoh mesin untuk daur ulang yaitu mesin pencacah plastik dan mesin peniris plastik. Akan lebih baik apabila kamu memakai mesin skala besar yang mempunyai berbagai fitur.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.