Yuk Ketahui Tentang Cara Kerja dan Jenis Router

Router memang sebuah perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk melakukan transmisi data yang berasal dari jaringan internet menuju ke perangkat lain yang mempunyai alamat yang disebut dengan IP address. Proses ini disebut dengan routing.

Pada proses ini akan terjadi penerusan paket jaringan satu dengan yang lainnya. Artinya perangkat keras router ini merupakan sebuah alat atau perangkat yang dapat menghubungkan 2 atau lebih jaringan atau sub jaringan menjadi satu kesatuan.

Dengan kata lain, router ini merupakan sebuah perangkat yang dapat melakukan pengolahan lalu lintas antar jaringan dengan cara meneruskan paket data ke IP address yang sudah ditentukan.

Kemudian perangkat keras router ini dapat memungkinkan beberapa perangkat atau alat untuk bisa terhubung ke jaringan internet yang sama.

Apakah kamu sudah bisa membayangkan tentang cara kerja dari perangkat keras router ini?

Oke, jika belum kita akan membahasnya di dalam artikel ini secara lengkap dan juga jelas. Yuk simak pembahasannya di dalam artikel ini dengan seksama.

Cara Kerja Router

Pada dasarnya router ini bekerja dengan cara mengarahkan suatu jaringan data dengan menggunakan proses yang disebut dengan routing table.

Proses ini dilakukan dengan tujuan untuk bisa menemukan jalur mana saja yang akan dilalui sebuah paket data untuk bisa mencapai suatu tujuan tertentu.

Paket data yang dimaksudkan disini tentu saja berisikan beberapa bagian yang bisa dibilang merupakan bagian yang penting.

Salah satunya adalah membawa informasi atau data seperti pengirim, jenis data atau informasi, dan IP address yang menjadi tujuan.

Dalam hal ini perangkat keras router akan membaca setiap bagian ini selanjutnya router akan menentukan rute yang paling baik yang bisa digunakan untuk setiap proses transmisi data.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang alamat IP router, merek router, seri router, informasi dan juga spesifikasi lengkap tentang router, kamu bisa mengunjungi situs routerku.com. Situs Routerku memang merupakan salah satu situs yang khusus membahas tentang router terlengkap dan paling update.

Jenis-Jenis Router

Perlu kamu tahu bahwa router ini mempunyai beberapa jenis atau terdiri dari beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:

1. Wireless Router

Jenis router yang pertama adalah wireless router yang merupakan salah satu jenis router yang menawarkan konektivitas WiFi atau nirkabel atau tanpa kabel ke berbagai perangkat pengguna yang ada.

Perlu kamu ketahui bahwa jenis router ini menggunakan sebuah kabel yang dinamakan dengan kabel ethernet supaya bisa terhubung dengan modem.

Kemudian router ini akan melakukan distribusi sinyal dengan cara mengubah paket data dari kode biner menjadi sebuah sinyal radio.

Kemudian sinya ini akan dibagikan dengan menggunakan antena yang terdapat di dalam router jenis ini. Oleh karena itu router jenis ini tidak membutuhkan kabel untuk bisa terhubung dengan berbagai perangkat yang kamu miliki.

2. Wired Router

Sesuai dengan namanya router ini memanfaatkan kabel untuk bisa terhubung dengan modem. Kabel yang digunakan ini adalah kabel ethernet.

Pada dasarnya router jenis ini membutuhkan jenis kabel yang terpisah untuk dapat menghubungkan beberapa perangkat yang kamu miliki ke jaringan yang terhubung dengan modem.

3. Virtual Router

Jenis router yang selanjutnya adalah virtua router yang dapat memungkinkan sebuah komputer atau server dapat menyalurkan paket data dengan melalui aplikasi software atau perangkat lunak.

Jenis router yang satu ini berbentuk perangkat lunak, tetapi mempunyai fungsi dan juga peranan yang sama seperti router yang mempunyai bentuk fisik.

Seorang pekerja kantoran yang memiliki hobi blogging untuk mengurangi kapasitas memory yang disimpan didalam kepalanya.